VISI BEM FMIPA 2012

30 Juni 2009

Sekilas tentang PPA 2009 : kategori info penting

Bravo New Comers!!!
Selamat Datang di Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sutera.

Adik-adik mahasiswa baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unnes tercinta, selamat dan sukses atas diterimanya adik sekalian sebagai mahasiswa FMIPA Unnes 2009. Menjadi mahasiswa dan menempuh kehidupan di lingkungan kampus merupakan gebrakan perubahan yang sangat fundamental yang akan adik rasakan sebentar lagi. Lihat saja, tentu akan berbeda sistem pendidikan/perkuliahan, organisasi, kemandirian hidup, bahkan orientasi kerja, dan masih banyak lagi bila dibandingkan dengan di SMA, Dalam hal ini, sangat dibutuhkan suatu program yang dapat dijadikan referensi pengenalan kampus secara keseluruhan kepada mahasiswa baru agar tidak kaget menghadapi perubahan tersebut.

Program Pengenalan Akademik (PPA) merupakan program yang disediakan oleh Universitas negeri Semarang sebagai sarana pengenalan terhadap mahasiswa baru. Program ini berisi banyak materi pengenalan kehidupan kampus yang berhubungan dengan instrumen akademik (seperti situs Sikadu, tentang IPK, SKS, mata kuliah, rombel, dan banyak lagi) dan hal-hal di luar akademik yang dapat mempengaruhi kualitas akademik mahasiswa (seperti organisasi mahasiswa, soft skill, dan ilmu-ilmu lain yang tidak didapat melalui bangku kuliah).

PPA wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Unnes. Mahasiswa yang telah mengikuti PPA berhak atas sertifikat PPA dengan predikat LULUS. Namun dalam praktiknya, lulus PPA berarti maba(mahasiswa baru) harus mengikuti seluruh rangkaian kegiataan PPA dengan baik. Maba yang absen dari kegiatan PPA akan dikenakan tugas tambahan agar dapat lulus sebagaimana yang lain, hal ini dikenal dengan LULUS BERSYARAT. Demikian halnya dengan mahasiswa yang sama sekali tidak ikut, atau atas sebab-sebab tertentu tidak memenuhi standar minimal kualitas peserta PPA, maka maba yang bersangkutan dapat dikenakan predikat TIDAK LULUS. Dengan demikian maba tersebut wajib mengikuti kegiatan PPA tahun berikutnya. Sertifikat PPA ini nantinya menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa dalam mengajukan proposal SKRIPSI, artinya jika mahasiswa tidak dapat menunjukkan sertifikat PPA, maka tidak dapat mengajukan proposal skripsi.

Agenda PPA : kategori info penting banget
Jadwal rangkaian kegiatan PPA 2009 adalah sebagai berikut.
Sabtu, 15 Agustus 2009 : Technical Meeting PPA
Senin, 17 Agustus 2009 : Upacara Hari Kemerdekaan RI
Selasa s.d. Kamis, 18 s.d. 20 Agustus 2009 : rangkaian kegiatan PPA
Dan OKPT (Orientasi Kepramukaan Pergiuruan Tinggi) : waktu diberitahukan lebih lanjut.
Adapun tempat penyelenggaraan kegiatan PPA dan teknis pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut pada saat technical meeting.

Tidak ada komentar: