VISI BEM FMIPA 2012

04 Juni 2010

Tentang PPA 2010

Salam hangat dan perkenalan...
Selamat Datang di kampus konservasi, Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sutera.

Adik-adik mahasiswa baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unnes tercinta, selamat dan sukses atas diterimanya adik sekalian sebagai mahasiswa FMIPA Unnes 2010. Menjadi mahasiswa dan menempuh kehidupan di lingkungan kampus merupakan gebrakan perubahan yang sangat fundamental yang akan adik rasakan sebentar lagi. Lihat saja, tentu akan berbeda sistem pendidikan/perkuliahan, organisasi, kemandirian hidup, bahkan orientasi kerja, dan masih banyak lagi bila dibandingkan dengan di SMA, Dalam hal ini, sangat dibutuhkan suatu program yang dapat dijadikan referensi pengenalan kampus secara keseluruhan kepada mahasiswa baru agar tidak kaget menghadapi perubahan tersebut.

Program Pengenalan Akademik (PPA) merupakan program yang disediakan oleh Universitas Negeri Semarang sebagai sarana pengenalan terhadap mahasiswa baru. Program ini berisi materi pengenalan kehidupan kampus yang berhubungan dengan instrumen akademik (seperti situs Sikadu, tentang IPK, SKS, mata kuliah, rombel, dan banyak lagi) dan hal-hal di luar akademik yang dapat mempengaruhi kualitas akademik mahasiswa (seperti organisasi mahasiswa, soft skill, dan ilmu-ilmu lain yang tidak didapat melalui bangku kuliah).

PPA wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Unnes. Mahasiswa yang telah mengikuti PPA berhak atas sertifikat PPA dengan predikat LULUS. Namun dalam praktiknya, lulus PPA berarti maba(mahasiswa baru) harus mengikuti seluruh rangkaian kegiataan PPA dengan baik. Maba yang absen dari kegiatan PPA akan dikenakan tugas tambahan agar dapat lulus sebagaimana yang lain, hal ini dikenal dengan LULUS BERSYARAT. Demikian halnya dengan mahasiswa yang sama sekali tidak ikut, atau atas sebab-sebab tertentu tidak memenuhi standar minimal kualitas peserta PPA, maka maba yang bersangkutan dapat dikenakan predikat TIDAK LULUS. Dengan demikian maba tersebut wajib mengikuti kegiatan PPA tahun berikutnya. Sertifikat PPA ini nantinya menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa dalam mengajukan proposal SKRIPSI, artinya jika mahasiswa tidak dapat menunjukkan sertifikat PPA, maka tidak dapat mengajukan proposal skripsi.

Agenda PPA : kategori info penting banget
Jadwal rangkaian kegiatan PPA 2010, terkait waktu, tempat, dan teknis pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut pada saat technical meeting.

Bagi mahasiswa baru MIPA tahun 2010 yang belum mendaftar, dapat mendaftar disini.

Terima kasih.


Note: Perubahan jadwal masih bisa terjadi, berdasarkan kebijakan Fakultas. Untuk informasi selanjutnya senantiasa update informasinya di web ini.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Maba yang fakultas ekonomi dimana ya mendaftarnya

Anonim mengatakan...

Untuk fakultas Ekonomi maupun yang lain akan diinformasikan masing-masing fakultas. Ditunggu saja. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

penyerahan berkas PPA kapan?

Anonim mengatakan...

UNTUK PENGURUS BEM FMIPA TOLONG DIURUS MENGENAI MAHASISWA ANGKATAN 2008 YANG BELUM MENDAPAT SERTIFIKAT, TOLONG KESERIUSANNYA KARENA SETIAP KALI SAYA DAN TEMAN-TEMAN MENANYAKAN SERTIFIKAT TERSEBUT PENGURUS BEM MALAH MENYURUH BERTANYA KE YANG LAIN, DAN UNTUK KETUA BEM : MANA REALISASI JANJINYA YANG KATANYA MAU MENGURUS MASALAH INI??????!!!!!!!!!!!
TOLONG DIINGAT DARMA KE-9!!!!!!!!!!!!!!!!!!