VISI BEM FMIPA 2012

17 April 2011

PLAT-K; Pelatihan Kehumasan BEM KM FMIPA

(2/04/2011).Pagi itu sangat luar biasa. Setelah sempat tertunda selama 2 pekan akhirnya acara ini dapat terselenggara. Beberapa mahasiswa datang dengan antusias untuk mengikuti kegiatan yang bertempat di gedung Laboratorium Matematika D10 lantai 2 lab 3. Ya, kegiatan itu adalah serangkaian pelatihan kehumasan yang kita sebut PLAT-K. PLAT-K merupakan salah satu program kerja departemen komunikasi dan informasi BEM KM FMIPA 2011 yang bertujuan untuk membekali pengurus lembaga kemahasiswaan di FMIPA sehingga mereka memiliki skill di bidang kehumasan dan diikuti oleh seluruh fungsionaris BEM KM FMIPA serta perwakilan dari lembaga kemahasiswaan FMIPA dan Underbow.

Dalam kegiatan PLAT-K terdapat 3 materi. Materi yang pertama yaitu pelatihan design grafis. Di bagian awal, Dwi Purnawan selaku pembicara menyampaikan tentang jurnalisme integral serta mekanisme pengelolaan media. Lalu dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan pamphlet serta layout buletin menggunakan program coreldraw.

Materi kedua tentang public speaking dipandu oleh Afit Istiandaru. Beliau menyampaikan tentang how to be good public speaker. Menjadi good public speaker artinya menjadi people person dan kuncinya adalah dengan meningkatkan jam terbang. Karena pepatah mengatakan bahwa “Alah bisa karena biasa”. Lalu, setelah ashar materi berlanjut yaitu training kesekretariatan dan kebendaharaan yang disampaikan oleh PH. Pada periode 2011 ini, kesekretariatan di BEM KM 2011 mengalami pembenahan yang cukup berarti. Seluruh fungsionaris diharapkan mengetahui SOP (Standard Operasional Procedure) kesekretariatan dan kebendaharaan sehingga administrasi di BEM KM FMIPA lebih rapi dan terstruktur dengan jelas.

Untuk rangkaian acara PLAT-K berlanjut pada hari berikutnya(3 April 2011) dengan materi tentang web design. Materi disampaikan oleh Sahrul Mubarok. Dalam training kali ini, pembuatan design web menggunakan software auracms dan xampplite. Mereka sangat antusias mengikuti materi ini. Diajarkan bagaimana mendesign tampilan web, mengelola web, dan membuat hosting. Terlihat dahi-dahi peserta plat-K berkerut-kerut Walaupun cukup rumit, tapi hal itu tak mengurangi kesemangatan peserta mengikuti kegiatan ini.

Aplikasi. Adalah sebuah kata yang sangat menentukan keberhasilan sebuah pelatihan. Semangat untuk belajar tiada henti dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari baik itu untuk diri sendiri maupun organisasii. Akhirnya, untuk seluruh fungsionaris BEM KM FMIPA dan lembaga kemahasiswaan di FMIPA. Selamat berkarya. Mari kita bersama mengukir sejar ah di FMIPA sehingga FMIPA semakin jaya. Hidup Mahasiswa!!!

Tidak ada komentar: