VISI BEM FMIPA 2012

17 April 2011

Nanoteknologi dan Aplikasinya

FMIPA Unnes-28 Maret 2011-Distorsi perdana yang diselenggarakan oleh Departemen Penalaran BEM KM FMIPA yang mengangkat tema "Nanoteknologi dan Aplikasinya". Alhamdulillah sukses dilaksanakan. Pada diskusi perdana kemarin kita membahas tentang Nanoteknologi. Ini sedikit cuplikannya kawan…

Nanoteknogi adalah teknologi yang bekerja dalam skala sepermiliar meter. Nanosains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena objek dalam skala nanometer (1 nm = 1/ 1.000.000.000 m). Jika dianalogikan juga dengan pulau jawa sebagai satuan meternya dan kelereng di pulau jawa itu adalah ukuran nanometernya.Ukuran yang sangat kecil, bukan?

Dari kenyataan ini, dapat dikatakan manusia secara perlahan-lahan tengah mendapatkan teknologi yang sulit dibayangkan. Sebagai contoh, perkembangan nanoteknologi dalam dunia komputer telah mengubah tidak hanya ukuran komputer semakin ringkas, namun juga peningkatan kemampuan dan kapasitas yang luar biasa, sehingga memungkinkan penyelesaian program-program raksasa dalam waktu singkat. Perkembangan teknologi handphone, laptop, media penyimpan data berkapasitas tinggi, serta piranti elektronik lainnya, tak dapat disangkal merupakan contoh nyata kontribusi nanoteknologi.

Pengembangan nanoteknologi di Indonesia boleh dikatakan masih sangat prematur. Meski Indonesia memiliki keunggulan komparatif berupa kekayaan sumber daya alam misalkan mineral pasir besi, kuarsa, tembaga, emas yang dapat digunakan sebagai basis teknologi nanomaterial. Ya, nanoteknologi merupakan suatu paradigma baru dalam pengembangan teknologi yang akan terus berkembang pesat pada masa mendatang.

Aplikasi teknologi baru ini tidak hanya terbatas pada dunia teknologi informasi saja, namun dunia medis, teknologi mikroskopik dan industri. Hal ini membuktikan bahwa teknologi manusia semakin maju dan berkembang. Hendaknya kita sebagai mahasiswa juga ikut andil dalam pengembangan teknologi itu dengan aktif agar perkembangan teknologi benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Oya jangan lupa ya… Ikuti Distorsi yang kedua insyaallah akan dilaksanakan tanggal 28 April di D1.

Tidak ada komentar: